Persiapan Memiliki Property Di Usia Muda

Masih muda, inilah saatnya kita mulai memikirkan untuk masa depan yang mapan karena di masa tua adalah masa di mana kita harus care dengan urusan rumah tangga, kebutuhan anak, kebutuhan pendidikan anak, dan masih banyak lagi. Salah satu hal yang perlu kita persiapkan dari sekarang adalah modal untuk membeli dan memiliki rumah sendiri. Memiliki rumah di usia yang masih muda merupakan impian banyak orang, bahkan hampir semua orang menginginkan hal tersebut dapat terwujud menjadi kenyataan. Bukan hanya sebuah kebanggan tersendiri bagi pemiliknya, namun hal ini juga sebagai sebuah bukti kesuksesan seseorang di usia yang masih tergolong muda. Rumah juga merupakan salah satu bentuk aset dengan nilai investasi yang selalu naik setiap tahunnya, hal ini juga menjadi salah satu alasan kenapa orang berlomba-lomba menginvestasikan uang mereka dalam bentuk rumah. Agar langkahmu bisa berjalan sukses, kamu harus mengiringinya dengan kontrol diri yang baik. Selain niat, kamu harus jujur dan tidak mudah tergoda membeli hal-hal yang sifatnya hanya gaya hidup. Berikut beberapa persiapan yang bisa kamu lakukan agar bisa memiliki property di usia muda :

  1. Memiliki target

Memiliki target sebagai alarm bagi diri anda sendiri. Misalkan anda memiliki target untuk membeli rumah , setahun tahun ke depan Anda ingin DP rumah, maka Anda harus mulai menabung saat ini juga. Targetkan bagaimana caranya agar dalam kurun waktu 1 tahun nominal untuk DP sudah mencukupi. Sebagai konsekuensi, hindari mengambur-hamburkan uang dan cobalah untuk mendapatkan penghasilan tambahan, hindari gengsi yang terlalu mengikuti gaya hidup. Ketika pengeluaran anak muda zaman sekarang kebanyakan di foya-foyakan untuk hang-out keluar dengan teman-teman, maka anda harus menguranginya sehingga pengeluaran untuk nongkrong bisa anda tabungkan. Target ini bisa menjadi motivasi bagi diri anda sendiri untuk mencapainya.

  1. Kontrol gaya hidup

Kebanyakan anak muda lebih mengutamakan gaya hidup dan memikirkan gengsi mereka, sehingga lebih senang untuk berfoya-foya dan melupakan untuk hidup hemat. Sebisa mungkin hindari pengeluaran konsumtif yang akan membahayakan keuangan Anda. Bolehlah sesekali jalan bareng teman untuk ngopi dan makan di restoran, tetapi tidak setiap hari dan kita bisa mencari alternatif agar lebih bisa menekan pengeluaran. Klasifikasikan manakah kebutuhan pokok dan kebutuhan konsumtif agar Anda bisa memilah mana dana yang harus dikeluarkan dan mana yang tidak.

  1. Berhemat

Pepatah mengatakan hemat pangkal kaya, memang betul adanya salah satu caranya dengan menabungkan uang jajan atau lakukan kebiasaan menyisihkan uang sebesar 20% dari gajimu. Langkah nyata untuk memulai merealisasikan mimpi memiliki properti adalah dengan merencanakan tabungan sejak lulus kuliah ataupun semenjak kuliah anda menyisihkan uang jajan untuk ditabung akan jauh lebih baik. Pilih tabungan dengan potongan admin yang sedikit atau membuatnya tanpa ATM untuk mengurangi keinginan mengambil uang tabungan setiap saat, kapanpun dan dimanapun. Sebisa mungkin tekan pengeluaran anda, misal tetap tinggal dirumah orangtua untuk sementara sehingga uang sewa rumah bisa anda tabung, berinvestasi logam mulia karena investasi logam mulia bersifat stabil.

Nah, setelah semua hal di atas sudah anda lakukan dan target anda sudah tercapai anda bisa mengumpulkan uang yang baru cukup untuk DP rumah, segera ambil KPR karena itu adalah alternatif terbaik bagi anda, semakin cepat semakin bagus, karena harga KPR pun dari waktu ke waktu semakin meningkat. Anak muda semangat pasti bisa….

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
Hai JGS Property, saya berminat dengan rumah nya
Nama :
Kota :
Powered by